News Update
Home » » Tips menghindari Scam (penipuan) dalam Bisnis Online

Tips menghindari Scam (penipuan) dalam Bisnis Online


Bisnis Online memang sangat prospektif, dan sudah banyak orang yang berhasil menghasilkan pendapatan yang cukup berlimpah dari internet, apakah sebagai publisher PPC, Affiliate Marketer, pemilik E-Shop,webmaster, blogger, dsb. Barangkali ribuan website baru setiap hari diluncurkan dan terjun ke bisnis online. Namun ada satu hal yang harus dicatat baik-baik oleh para sobat blogger, bahwa disamping website yang legit (sah, bukan penipu), di internet juga terdapat ribuan bahkan lebih website SCAM (penipu), yang siap menjerat korbannya.

 Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, para scammer ini hampir masuk ke seluruh jenis-jenis bisnis online, seperti PTC, Paid Survey, Affiliasi Produk, Online Job, E-Shop, dsb. Para scammer ini beroperasi dengan sangat canggih, jangankan seorang pemula, seorang netter senior juga kalau tidak hati-hati dapat terkena jebakan para scammer ini. Tujuan dari mereka sangat jelas yaitu untuk mendapatkan uang secara tidak sah dari para pemakai internet, baik secara langsung atau tidak langsung.

Secara langsung, misalnya mereka meluncurkan suatu website belanja online, kemudian setelah calon pembeli memesan barang yang diinginkan dan mentransfer uangnya..,barang yang dipesan tidak pernah datang. Secara tidak langsung yaitu misalnya dengan cara mencuri data-data pribadi seseorang, termasuk nomor rekening bank, password paypal, password email, dsb. Data-data pribadi tersebut mereka jual ke pihak ketiga atau mereka gunakan sendiri untuk membobol akun rekening bank ataupun saldo paypal kita.

Jangan anda bayangkan website para scammer ini rendah mutunya. Sebagian besar website mereka merupakan website yang canggih, baik dari segi desain maupun script. Bahasa yang digunakan juga sangat baik, sopan dan profesional. Desainnya juga sangat berkualitas. Program-program yang ditawarkan juga tidak selalu bombastis, tapi kadangkala sepintas masuk akal. Namun anda harus waspada, hati-hati terhadap jeratan mereka. Mereka ada dimana saja, di blog gratisan, website berbayar, iklan gratisan, bahkan mereka rela mengeluarkan biaya untuk iklan demi menjerat anda.

Untuk itu sebaiknya anda hati-hati dalam memberikan data-data pribadi di internet, termasuk nomor rekening bank, nomor kartu kredit, user name atau password, dsb kecuali kepada pihak yang benar-benar anda yakini keabsahannya, sehingga bisnis online anda tidak terganggu oleh para scammer ini.

0 komentar:

Posting Komentar