News Update
Home » » Tips Menghindari Dampak Negatif bila Website Kita di Hacked Orang

Tips Menghindari Dampak Negatif bila Website Kita di Hacked Orang


Memang tidak ada jaminan sebuah website 100% aman dari para hacker, bahkan website sekaliber facebook pun pernah merasakan dampak dari perbuatan para hacker ini. Sebetulnya ulah para hacker tersebut baik dengan alasan iseng atau bahkan dengan sengaja, bila perbuatan mereka menyebabkan dampak negatif/kerugian kepada pemilik website, maka sudah masuk ke kategori kejahatan di dunia maya.

Coba bayangkan, bila anda mempunyai sebuah toko online, dengan ratusan transaksi terjadi setiap hari dan mempunyai ribuan pelanggan tersimpan di database, tapi dalam hitungan menit, semuanya hilang begitu saja, bisa anda bayangkan dan anda hitung berapa kerugian yang anda dapatkan!

Disinilah kita wajib menambahkan aspek keamanan dalam manajemen website kita. Keamanan di sini artinya pengamanan dari kehilangan data, pencurian data, penyusupan data, virus, malware, hacking,dsb. Setidaknya kalau pun hal negatif itu terjadi, kita dapat meminimalisir dampak negatifnya, dan website kita masih online dan berfungsi dengan baik. Berikut tips menghindari dampak negatif dari perbuatan hacker:

1. Pastikan anda secara rutin membackup data website, baik konten maupun database. Usahakan anda mempunyai sejumlah backup, baik di server maupun dalam bentuk softcopy.

2. Update secara rutin program anti virus, dan plugin-plugin yang terpasang di website anda.

3. Proteksi semua direktori website anda, dengan perangkat yang ada di Cpanel server/hosting anda.

4. Usahakan memakai tema yang berbayar untuk website anda dan pastikan anda mendownload tema dan plugin-plugin di tempat yang dipercaya.

5. Tingkatkan pengetahuan anda tentang hacking, spyware, dsb, dengan mengunjungi forum-forum mereka. Pengetahuan dan informasi ini sangat bermanfaat dalam mengantisipasi perbuatan mereka.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar