Ketatnya persaingan pasar di dunia maya
menuntut sebagian besar pelaku bisnis online untuk lebih kreatif dan
inovatif dalam memasarkan produk atau jasa mereka di internet. Membuat
artikel dan mempublikasikannya disebuah website merupakan alat marketing
yang cukup efektif untuk menarik minat konsumen, sehingga permintaan
produk serta jasa tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan
ditengah persaingan pasar yang semakin padat.
Selain menarik minat konsumen untuk berkunjung kesebuah website, konten artikel juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dan alat komunikasi pemasaran bagi para blogger untuk menawarkan produk atau jasa mereka ke calon konsumennya. Biasanya konten ini disebut dengan sales letter atau surat penawaran yang berisi tentang ulasan produk maupun jasa yang dikirimkan produsen kepada calon konsumen melalui email atau media online lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa konten artikel menjadi jembatan bagi para blogger untuk menghubungkan bisnis online mereka dengan target pasar yang telah dibidik.
Untuk membantu Anda mempromosikan bisnis online melalui tulisan, berikut ini beberapa tips bisnis yang perlu diperhatikan sebelum membuat artikel marketing;
Selain menarik minat konsumen untuk berkunjung kesebuah website, konten artikel juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dan alat komunikasi pemasaran bagi para blogger untuk menawarkan produk atau jasa mereka ke calon konsumennya. Biasanya konten ini disebut dengan sales letter atau surat penawaran yang berisi tentang ulasan produk maupun jasa yang dikirimkan produsen kepada calon konsumen melalui email atau media online lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa konten artikel menjadi jembatan bagi para blogger untuk menghubungkan bisnis online mereka dengan target pasar yang telah dibidik.
Untuk membantu Anda mempromosikan bisnis online melalui tulisan, berikut ini beberapa tips bisnis yang perlu diperhatikan sebelum membuat artikel marketing;
- Tentukan ceruk pasar Anda
Sebelum menulis artikel, sebaiknya
tentukan ceruk pasar yang ingin Anda bidik. Sesuaikan artikel yang Anda
tulis dengan topik atau tema yang Anda angkat di website tersebut.
Misalnya saja www.bisnisukm.com yang membidik para pelaku dan pencari
bisnis sebagai ceruk pasar mereka, maka konten artikel yang ditulis pun
berisi tentang seputar solusi permasalahan bisnis yang dihadapi para
pemula maupun pencari usaha, penawaran peluang bisnis yang membantu para
pencari usaha, sampai berita info bisnis yang perkembangannya sedang
hangat diperbincangkan masyarakat luas. Sehingga konten artikel yang
dipublish berhasil mendatangkan traffic kunjungan yang cukup tinggi dan
pada akhirnya website tersebut menduduki halaman pertama di mesin
pencarian untuk kata kunci “Peluang bisnis”.
- Buatlah konten artikel yang menarik
Untuk membuat konsumen tertarik dengan
konten artikel yang Anda buat, maka sebisa mungkin buatlah artikel
dengan topik yang cukup diminati para pengguna internet. Anda bisa
memulainya dengan menggunakan kata kunci (keyword) tertentu yang banyak
dicari user melalui mesin pencarian. Sebab, sampai hari ini sebagian
besar konsumen masih mengandalkan mesin pencarian (search engine)
seperti google untuk mendapatkan segala informasi yang mereka butuhkan.
Karena itu usahakan untuk membuat judul artikel dengan kata kunci
menarik, melengkapi isi artikel dengan informasi yang akurat dan
bermanfaat, serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar konsumen
tidak bosan membaca artikel marketing yang Anda publish dan lebih loyal
dengan bisnis online yang Anda jalankan.
- Tentukan media online yang Anda gunakan
Sekarang ini banyak media online yang
dapat Anda manfaatkan sebagai ruang publish artikel. Untuk itu sebagai
pelaku bisnis online pilihlah media yang paling banyak digunakan
masyarakat luas, sehingga peluang pasar yang dapat Anda jangkau semakin
terbuka lebar. Beberapa media online yang sering digunakan para blogger
untuk mempublish konten artikel antara lain website, blog, friendster,
facebook, twitter, youtube, feeds, serta masih banyak lagi situs
jejaring sosial lainnya yang dapat mendukung perluasan pasar bisnis
online Anda.
Penggunaan konten artikel sebagai bagian dari strategi marketing online ternyata tidak hanya mudah, namun juga murah karena para blogger tidak membutuhkan biaya apapun untuk mempromosikan bisnis online mereka. Yang terpenting adalah kemampuan Anda untuk membuat artikel menarik, dan memilih media online yang tepat untuk mempublish artikel marketing tersebut. Semoga informasi tips marketing online dengan konten artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca maupun pemula di bisnis online. Selamat berkarya dan salam sukses.
Penggunaan konten artikel sebagai bagian dari strategi marketing online ternyata tidak hanya mudah, namun juga murah karena para blogger tidak membutuhkan biaya apapun untuk mempromosikan bisnis online mereka. Yang terpenting adalah kemampuan Anda untuk membuat artikel menarik, dan memilih media online yang tepat untuk mempublish artikel marketing tersebut. Semoga informasi tips marketing online dengan konten artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca maupun pemula di bisnis online. Selamat berkarya dan salam sukses.
0 komentar:
Posting Komentar